Pantau Arus Mudik, Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri Nilai Penanganan Arus Mudik Lebaran 2023 Jauh Lebih Baik

MERAK, beritaindonesianet-Kepadatan arus mudik masih terus terjadi di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten. Meskipun demikian Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri Brigjen Pol M. Yasin Kosasih menilai penanganan arus mudik Lebaran 2023, khususnya di jalan hingga menuju Pelabuhan Merak jauh lebih baik.

“Tahun ini penanganan arus mudik, jauh lebih baik dari tahun sebelumnya. Tahun ini saya tidak melihat adanya spot kemacetan lalu lintas, khususnya di wilayah Banten,” kata Yasin saat meninjau tiga pelabuhan penyeberangan di wilayah Banten, Jumat dini hari (21/04).

Yassin yang juga menjabat Kasub Satgas Bantuan Operasi Pengamanan Ketupat Lebaran 2023 mengungkapkan banyak pembenahan yang telah dilakukan sehingga penanganan arus mudik Lebaran tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Di antaranya, adanya kebijakan pengoperasian tiga pelabuhan penyeberangan untuk tiga jenis kenderaan berbeda di wilayah Banten sehingga arus mudik dari Jawa menuju Sumatera berjalan lancar.

“Alhamdulillah, saya lihat di Banten sudah ada tiga pelabuhan, yakni Pelabuhan Merak, Pelabuhan BBJ, dan Pelabuhan Ciwandan. Dengan pengoperasian tiga pelabuhan ini, saya melihat pemerintah benar-benar telah siap mengantisipasi lonjakan penumpang pada arus mudik Lebaran tahun ini,” kata Yassin.

Meskipun demikian, untuk memastikan kelancaran arus mudik di 3 pelabuhan tersebut, Yassin melakukan supervisi langsung terhadap anak buahnya dalam menjalankan tugas.

Yassin menjelaskan pihaknya saat ini mengerahkan sejumlah kapal patroli mulai Lampung, Banten, Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur hingga Bali untuk memantau keamanan arus mudik. “Satgas ini dari Mabes, tetapi juga bertugas membantu kewilayahan,” katanya,” katanya.(hen)